Senin, 02 April 2012

Alternatif Produksi Film Dengan Biaya Murah

Membuat film adalah kegiatan yang tidak mudah dan murah. Perlu pengetahuan khusus tentang teknik pembuatan film dan biaya yang mahal. Terlebih lagi film yang memerlukan efek latar tempat yang jauh dan aktor yang profesional. Pastinya butuh biaya yang sangat mahal.

Namun, yang kita ceritakan diatas adalah pembuatan film secara umumnya. kali ini kita akan membahas alternatif membuat film yang murah, tanpa perlu membayar aktor atau aktris untuk tokoh
film. alternatifnya adalah membuat film denagan konsep animasi, yah film animasi.

Film animasi adalah film dengan kompulan gambar (frame2) yang disusun sehingga jika di putar satu persatu akan menghasilkan gambar hidup yang dapat di tonton. Film biasa juga sebenarnya merupakan kumpulan gmabar yang di ambil dengan kecepatan tinggi sehingga pada selang 1 detik saya dapat mengamabil gambar dengan jumlah ribuan gamabar. Sehingga gambar yang diambil secara cepat itu dapat bergerak yang kita lihat sebagai video.

Kenapa film animasi lebih murah?. 
Ya, karena untuk model / aktornya kita tdak perlu membayar aktor, kita cukup menggunakan imajinasi kita untuk menggam karakter yang kita inginkan. Jika untuk latar tempat nya kita tidak perlu jauh-jauh ke bali untuk mennggunakan latar tempat Bali, kita cukup menggabarkan suasana bali pada komputer.

Pembagian film animasi:
film animasi terbagi menjadi 2 bagian, yaitu:
1. Film animasi 2 Dimensi (2D), yaitu animasi yang permodelan objeknya dengan 1 sisi saja dengan berporos sumbu X dan Y
contoh animasi 2D :




2. Film animasi 3 Dimensi (3D), yaitu permodelan objeknya segala arah dengan berporos pada sumbu X, Y dan Z.
contoh animasi 3D :










Apa saja yang  diperlukan untuk memprodusi sebuah film animasi?
Syarat pertama adalah Kompter / laptot untuk membuat filmnya serta software animasi. Ada banyak pilihan software animasi 2D maupun 3D. Umunya untuk memproduksi film animasi, studio produksi menggunakan software Toon Boom Animate Pro untuk animasi 2D dan Autodesk Maya untuk animasi 3D. Namun, untuk pembelajaran kita tentu tidak efektif menggunakan software tersebut karena harganya yang sangat mahal. Untuk itu, kita bisa menggunakan software opensource saja tentunya gratis. Untuk 3D kita dapat menggunakan software Blender dan 2D kita dapat menggunakan Synfig Studio. Kedua software tersebut dapat berjalan pada OS Windows, Linux, maupun Mac. Oppss.. tunggu dulu, bukanya harga sebuah OS juga mahal? gimana dong biar benar-benar memangkas biaya. Gampang, kita pakai saya OS Linux yang opensource gratis seumur hidup salah satu contohnya adalah Ubuntu, distro linux yang populer saat ini.
n

Nah, bagaimana?. Murah bukan untuk memproduksi sebuah film animasi, hanya bermodal komputer dan listrik saja untuk pengeluaran biaya, selebihnya gratiissssss.... gimana teman-teman tertarik membuat film animasi? :)

4 komentar:

  1. Kalo buat belajar yang bajak ajah...kecuali buat bisnis komersil baru berusaha beli lisensi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahah sepakat mas :D #opss jgn keras2

      Hapus
  2. gratis ? terus penggandaan dan dubbing nya gimana ?

    BalasHapus
  3. Anda mungkin belum pernah terjunlangsung ke dunia animasi. Anda bisa pakai blender ??? Software ini memang gratis namun tidak semudah yang anda bayangkan karena cukup rumit dan menu2nya tidak familiar seperti 3D Max ... Ingat !!! orang yang sudah mahir menggunakan 3D Max belum tentu bisa menggunakan software ini .... Aku setuju dengan bung Grizzly Teddy n kalau memang animasi itu murah silahkan berkunjung ke sini dulu : https://id-id.facebook.com/notes/adhicipta-r-wirawan/berapa-sih-biaya-produksi-anime-per-episode/10150840804159071 sebelum memposting artikel jenis ini

    BalasHapus