Senin, 01 Juni 2015

Why Do I Love AKB48 x JKT48

Oke ini postingan ane yang pertama mengenai idol-idolan. Cuman mau klarifikasi apa yang sebenarnya terjadi B-). Kebetulan lagi ada waktu kosong buat posting blog yang udah berhantu ini.

Banyak yang bilang, eh do lu berubah ya udah suka girlband-girlband sekarang, cemeen banget. Madafakaaa..., ane gak pernah suka sama girlband. Oke ane emang suka JKT48, AKB48, SKE48 dan sisternya, tapi mereka bukan girlband, tapi idol group. Ntar ane jelasin bedanya.



Pertama kenal idol-idolan sendiri itu dari JKT48, karna idol lokal yang diadopsi dari konsep idol group Jepang, AKB48 (Satu manajemen yang sama). Awal JKT48 dibentuk akhir tahun 2011. Dan ane udah kenal dari awal sebenarnya, cuman ane gak suka waktu itu. Di tahun itu mulai menjamur girlband n boyband di Indonesia yang diadopsi dari Korea. Kenal JKT48 pertama kali pas mereka bawain Aitakatta di Indos**r. Respon pertama: “Ini muncul lagi girldband baru, rame amat mau tauran apa -_- ”.

Setelah 1 tahunan berlalu, sekitar 2013, udah beberapa lagu baru muncul. Pas ane dengerin ternyata asik juga (setlist Pajama Drive & Album Heavy Rotation). Lama-lama ane penasaran juga dengan mereka. Akhirnya ada yang menjerumuskan ane ke dunia idol ini, sebut saja G-senpai. Karna malas download, jadi dari G-senpai lah ane mintakin mp3 nya. Begitulah awalnya ane kenal JKT48 dan dan dunia idol.
-

Terus bedanya sama girlband?
Mereka Menampilkan Proses, Bukan Hasil
Ini perbedaan paling mencolok dari girldband dan idol group. Sesuai namanya, idol adalah orang yang biasa, kemudian melalui proses audisi dan latihan, mereka terus berkembang hingga lulus dari akademi idol. Kalo kita contohkan, mirip dengan proses Indones**n Id*l, mereka dari orang biasa yang mengikuti audisi. Namun, proses idol group tidak sama dengan idol-idol instant lainnya. Mereka dilatih intent setiap hari. Sehingga kita sebagai fans bisa melihat perkembangan setiap hari mulai dari tidak bisa apa-apa hingga mereka jadi idol yang matang. Makanya lagu mereka banyak tentang kerja keras dan perjuangan tanpa menyerah. Dapat kita simpulkan, klo girldband adalah group independen yang di bentuk inisiatif dari group mereka sendiri, dan mereka adalah produk jadi. Sementara AKB48 dan sisternya (Idol Group) merupakan group yang dibentuk dan diatur oleh management sepenuhnya. Dan mereka produk belum jadi, dalam artian yang di pertunjukan pada fans adalah perkembangan / proses dari latihan mereka.


Terus kenapa bisa suka JKT48 dan sisternya?

  1. Lagunya menginspirasi
Ini yang paling buat ane tertarik dengan JKT48 dan sisternya. Mereka punya lirik lagu yang bagus-bagus. FYI, JKT48 adalah sister group dari AKB48 yang sama-sama di bentuk oleh Yasushi Akimoto. Akimoto-lah yang menulis lirik dalam Bahasa Jepang, kemudian di translate dalam Bahasa Indonesia untuk dibawakan JKT48. Pada saat ini, krisis lirik berkualitas membuat ane malas dengerin lagu-lagu Indonesia yang hanya cinta-cinta gak jelas, hanya itu-itu saja. Dan mereka (red:JKT48) beda, berikut beberapa lagu yang menurut ane liriknya beda dari lagu indonesia pada umunya dan menginspirasi:
- First Rabbit (Kelinci Pertama)
- Yuuhi wo Miteiruka (Apakah kau melihat matahari senja?)
- Shiori Shirt (Baju Putih)
- River
- Shonichi (Hari Pertama)
- New Ship
- Himawari (Bunga Matahari)
- Boku wa Ganbaru (I’ll do my best)

` quote dari lirik mereka yang ane suka:
- “Impian ada ditengah peluh, .. usaha keras tak akan menghianati” – Shonichi

Yasushi Akimoto, Total Producer of 48 Group

2. Musiknya asik
Entah kenapa telinga ane cocok sama lagu Jepang. Mungkin karna nada lagu Jepang dominan pada nada Minor. Banyak yang bilang, “lu suka lagu cewe-cewe gitu, pake rok aja sekalian”. Dulu selera musik ane juga yang keras-keras, mulai dari punk, metal, rock alternative. Terus klo ane tiba-tiba muter JKT48 musti ganti rok gitu?. Bro, it’s a music. Gak ada hubungannya masik sama style. Coba lu liat yang suka hard core, apa penampilannya di seram-seramin? Lu liat jokowi katanya suka metal, gayanya gimana?. Jadi gak ada korelasi musik dan style. Musik itu bebas. Gak ada batas-batasan gender bro. Karna pernah masuk ke dunia musik, jadi ane sedikit banyak paham masalah musik, ane bisa simpulin ada beberapa musik AKB48 yang terbilang sulit untuk dimainkan. Coba deh mainin interlude nya aja :D

3. Konsep berbeda yang belum pernah ada
Ada banyak sekali konsep AKB48 dan sisternya yang gak ada di idol lain, berikut contohnya:

- Idol that you can meet
Yah, lu bisa temui TIAP HARI idol lu di theater. Selain itu, ada banyak event yang bisa mendekatkan fans dan idol.


- Handshake event, event ini bisa salaman dan ngobrol sama idol selama 10 detik

-. OFC (Official Fans Club), bagi yang daftar OFC, bisa dapet bayak keuntungan, contohnya bisa olahraga bareng idol, membatik, dan kegiatan lainnya. Kebetulan ane fans far (sebutan fans diluar Jakarta) jadi gak pernah ikutan beginian :(



- Direct Selling
Untuk mengurangi pembajakan, JOT (manajemen JKT48) punya cara dengan menjual langsung CD oleh member JKT48. Dengan ini lu bisa ketemu langsung sama idol.


.
- Sousenkyo
Adalah pemulihan umum yang biasanya dilakukan untuk menentukan 16 member yang terpilih akan membanwakan single baru. Pemilihan ini dipilih oleh fans dengan cara membeli CD original, kemudian mendapatkan kartu pemilihan didalam CD tersebut.

- 2Shoot Event
Mau foto bareng member? ada event nya tersendiri


4. Kawaii, Moe, Energic
Kawaii, Moe bisa diartikan imut. Senang aja liat mereka yang masih muda, masih semangat dan lucu-lucu. Apalagi pas bawain lagu-lagu energic nambah semangat kalo lagi mumet ^_^. Kalo liat yang udah tua, kurang pas aja.


5. Proses yang ditonjolkan
Ini sesuai prinsip hidup ane, yang paling ane pentingkan adalah proses bukan hasil. Misalnya, karna ane bergelut di dunia programming, jadi ane selalu memandang suatu sistem itu bagus apa enggaknya dari proses. Mau gimana pun output yang dihasilkan, ane selalu mandang proses dari sistemnya, bukan outputnya. Begitu juga idol group. Mereka selalu menonjolkan proses perkembangan mereka, sehingga fans yang mengikuti dari proses awal akan ikutan senang jika mereka BISA dari yang sebelumnya belum bisa. Itulah beda nya dari lain, karna peran fans sangat berpengaruh,


Sekian dulu penjabaranya, semoga paham :v


2 komentar: