Selasa, 01 September 2015

Belajar Bahasa Jepang Dasar (Aisatsu / Salam) - part 1

Halo minna.. kali ini ane mau share sedikit yang ane dapatkan dari kursus bahasa Jepang di Tomodachi walaupun cuman sebentar disana, seengaknya yang dasar-dasarnya cukup lah buat perkenalan dan percakapan dasar. Tujuan ini ane tulis selain untuk berbagi juga agar yang ane dapatkan gak lupa. Soalnya kalo cuman nyimpan catatan bisa-bisa hilang entah kemana.

Langsung aja, materi pertama sebelum mengenal bahasa baru tentu belajar salam & perkenalan dulu. Ya, pada bagian ini ane mau share tentang salam & perkenalan dalam Bahasa Jepang. Oh iya, saran nih dari ane, selain mengenal bahasa, ada baiknya pelajari juga budaya dari bahasa yang kita pelajari. Karna beda budaya mempengaruhi juga dari cara berbhasa ini. Oh iya, pada materi-materi dasar ini, kita menggunakan tulisan romaji  dulu ya. Karna ane juga belum begitu hapal huruf Hiragana, Katakana dan Kanji hehe. Tapi tetap di selingkan kok huruf-huruf jepangnya biar terbiasa.


Salam (Aisatsu / 挨拶)

Sebelumnya, mari hapalkan kosa kata dasar berikut:
- Ohayou gozaimasu (おはよう ございます): Selamat  Pagi
- Ohayou (おはよう): Selamat pagi (Digunakan pada situasi non formal, seperti dengan teman)
- Kon'nichiwa (こんにちわ): Selamat siang / Hai
- Konbanwa (こんばんわ): Selamat malam (Bukan untuk berpisah / menjelang tidur)
- Mata Ashita (また 明日): Sampai jumpa besok
- Mata raishū (また 来週): Sampai jumpa minggu depan
- Oyasuminasai (おやすみなさい): Selamat tidur
- Arigatōgozaimasu (ありがとう ございます): Terimkasih
- Arigatō (ありがとう) Terimakasih (Bentuk sederhana untuk teman dll)
- Sumimasen (すみません): Maaf
- Iie (いいえ): Tidak / Tidak apa-apa (Untuk jawaban sumimasen)
- Onegai shimasu (お願いします): Tolong

Baiklah untuk awal silahkan hapal dulu kalimat-kalimat diatas. Untuk percakapan kita lanjutin pada post berikutnya. Ja ne (じゃ ね)  ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar