Kamis, 26 November 2015

Celah Instagram, Akun Ane Gak Bisa Diakses Lagi

Ane mau share dikit pengalaman yang agak nyebelin dengan service Instagram yang notebene penyedia layanan photo sharing sangat gede (bahkan sudah diakuisisi Facebook Inc) masih bisa kecolongan dengan blocking servicenya. :( 

Awalnya ane buat akun IG sekitar tahun 2012 dengan id @theonlydo dengan cara register via facebook. Jadi, ane gak ada masukin email, password dan nomer handphone. Selanjutnya hanya login via facebook saja. Secara teknis, ini menggunakan Facebook API dengan skema seperti dibawah ini:


Server IG tidak menyimpan data password. Login akan diteruskan hanya jika login pada facebook berhasil. Kemungkinan, data yang disimpan di IG hanya username dan email yang didapat saat autentikasi berhasil. Berikut contoh tampilan login menggunakan facebook API.



Masalahnya dimulai saat ane login dengan akun IG baru. Sebagai catatan, akun IG yang baru ini ane daftarin via email, jadi data yang diserahkan pada IG sepenuhnya username, password, email. Nah, di menu pengaturan saat login akun IG yang baru ini, ane mau hubungin ke facebook biar bisa share foto / video ke timeline langsung. Awalnya ane agak ragu make facebook yang sama dengan akun lama ane, karna udah dipake sebelumnya. Coba-coba aja ternyata bisa. Awalnya ane pikir, berarti IG bisa menghubungkin 1 akun facebok dengan banyak akun IG. Langsung aja deh ane coba logout IG baru ini kemudian login dengan IG lama ane (login via facebook API). tadaa, ternyata malah masuk ke IG yang baru ane link barusan. Sempat bingung, dan akhirnya dapat kesimpulan berarti 1 akun IG hanya bisa link ke 1 akun facebook. Artinya, facebook ane yang sebelumnya di IG  lama udah dialihkan dong ke IG yang baru. Oke fine, ane coba forgot password biar bisa masuk lagi ke IG lama ane. ternyata, ada 3 opsi untuk forgot password di IG, via email, phone, atau facebook. pertama ane coba via email. Tulisannya sih email sent, tapi ane cek gak ada masuk-masuk. (ane cek email yang dipake buat facebook). Sampe 3x ulang juga gak ada email masuk sampe sekarang. Ok, ane mikir, mungkin karna ane daftar via facebook musti forgotnya via facebook juga. Ternyata pas cobain forgot facebok, malah masuk ke IG yang baru tadi kembali. yaudah, ane coba unlink dulu facebook nya dari IG yang baru ini. Coba logout dan forgot lagi, eeh ternyata malah gak detek satu akun pun yang terhubung katanya. Ternyata dugaan ane bener, cuman bisa 1 akun facebook terhubung di 1 akun IG. Sempat frustasi juga, karna metode yang satu lagi menggunakan nomor hp tentu tetap gak bisa dipake karena emang ane gak setup. Ternyata ada 1 lagi alternatif, forgot dengan memasukkan username. Saat ane coba ternyata mengarahkan ke via email dan facebok juga. Hasilnya sama tetap gak bisa.

Kesimpulannya,  IG kamu yang difatarin pake facebook bisa dengan gampangnya hilang karna jika ada akun baru yang menghubungkan dengan facebook yang sama, maka link yang sebelumnya akan dihapus. Dan ironinya, hal ini tidak ada notice sama sekali dari IG. Kalo udah begini ya gak bisa lagi untuk dikembalikan kecuali kamu set nomor hp dan email pada pengaturan. Jika hanya mengandalkan linked dari facebook, tamatlah sudah....

Semoga jadi pelajaran untuk teman-teman.




2 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus
  2. Jadi kesimpulan nya akun lama hilang jadi akun baru?
    Gak ada solusi nya kah? Soalnya sama kyk akun gue skrg

    BalasHapus